Rabu, 12 September 2018

Perulangan For


Hallo gays back lagi di postingan aku. Postingan aku kali ini aku bakalan bahas tentang perulangan. Perulangan disini maksutnya mengulang output atau hasil dari program kita. Jadi,semisal kita perlu memasukkan data yang smaa nih, tapi isinya berbeda, kita bisa menggunakan perulangan ini nih gays.. Udah kebayang belum gimana itu perulangan



Perulangan itu ada banyak gays, aku akan bahas 3 perulangan disini, yaitu perulangan For, While dan Do While. Tapi, aku akan bahas satu persatu per post yaa.. dan kali ini aku akan bahas si for duluan nih.. Cus scroll kebawah yaaa


Didalam perulangan, terdapat statement yakni ( i++ )atau increament  dan ( i--) atau decreament. Arti dari ( i++ ) atau increament adalah menambah satu persatu secara berurutan, sedangkan jika ( i--) atau decreament adalah mengurangkan satu persatu secara berurutan. Didalam looping atau perulangan terdapat pemberian nilai awal. Misal : int i = 1 atau int i = 0;

Ini dia kerangka perulangan for :




Dari gambar diatas, yang bergaris bawah merupakan pemberian nilai awal terhadap i. i=0; merupakan pemberian nilai awal terhadap i, disini kita misalkan 0. i<10; merupakan perintah, bahwa perulangan yang akan kita lakukan berjalan sebanyak 9 kali, karena kurang dari 10. Dan i++; merupakan perintah increament yaitu bertambah satu persatu, yang dimaksud disini adalah perulangan dari hasil, akan bertambah satu persatu, tidak secara langsung bersamaan.

Agar lebih jelas, Padil beri contoh program yang menggunakan perulangan for :


Kita akan menghitung volume menggunakan suatu program dan diulang menggunakan perulangan for. Beginila hasilnya :

Dari hasil output diatas, kita bisa lihat bahwa hasil dari program mengulang sebanyak 6 kali, karena dalam perintah kita menginputkan kurang dari 6 kali perulangan, maka perulangan pun berhenti setelah terulang 6 kali.
Selamat mencoba kawan - kawan.. :)

0 komentar:

Posting Komentar