Rabu, 12 September 2018

Pengkondisian Dengan If Else


Nah, untuk materi kali ini aku akan bahas pengkodisian yang kedua setelah kita membahas pengkodisian pertama switch case. Yang kedua yaitu pengkondisian if dan else. Langsung aja yuk simak terus ya guys..

Hampir sama seperti switch case, tetapi pengkondisian menggunakan if else lebih rumit dan lebihi terbatas. Karena dalam if else kita hanya bisa memili 2 pilihan. Emskipun if dan else nya bisa banyak, tetapi kondisi yang kita hadapi akan terbatas, tidak seperti switch case yang kompleks. Gimana sih perbedannya.. nah ini aku kash contoh biar kalian semua nggak bingung akan perbedaan mereka.

Contoh program :


Nah, didalam if else, if dan else terpisah oleh suatu pernyataan. Contoh diatas menentukan suatu nilai angka, apakah benar atau salah. Karena dalam perintah if, jika a kurang dari 50 maka benar, jika tidak maka salah. Hasilnya akan seperti ini :


Di hasil output kita bisa lihat yang keluar adalah “ Salah “. Mengapa? Seperti yang dinyatakan diatas, ia akan keluar pernyataan “salah” jika pernyataan yang ada di dalam if salah. Karena didalam if pernyataannya a< 50 sedangkan a = 60, maka jelas hal itu salah, jadi yang keluar pernyataan yang ada di dalam else.

Bagaimana? Sudah paham kan ? jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan komen dibawah yaa... J

0 komentar:

Posting Komentar