Senin, 10 September 2018

Input, Output dan Proses

Hallo gaess balik lagi di postingan aku kali ini. Kali ini aku akan jelasin apasih Input Proses dan Output atau yang biasa disebut IPO itu. Nah ayo scroll..

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, didalam suatu pemrograman kita memerlukan Input Proses dan Output. Input merupakan isi atau suatu hal yang telah diketahui yang akan kita inputkan atau masukkan kedalam suatu proses. Proses adalah suatu rumus atau algoritma penyelesaian sebuah masalah. Sedangkan output adalah hasil dari sebuah proses yang telah diinputkan. Dalam program latihan kita kali ini, Padil telah mengelompokkan yang mana input, proses dan output agar lebih mudah dipahami.

A.      Input


Seperti penjelasan sebelumnya, input merupakan isi yang telah diketahui dalam sebuah program. Disini padil memberikan contoh program yaitu penghitungan volume menggunakan Java. Nah, padil akan kasih tau nih mana yang merupakan input dalam program diatas. Yang ada didalam kotak merah merupakan input, yaitu isi yang telah kita ketahui. Untuk menemukan volume kubus, kita harus tau dulu nih, panjang, lebar dan tinggi dari kubus. Nah itulah yang dimaksud dengan input, yaitu sebuah nilai yang akan kita gunakan untuk menemukan volume kubus.

B.      Proses


Dalam program ini kita akan menghitung volume kubus, nah didalam suatu program, hal ini lah yang disebut dengan proses atau sebuah penyelesaian masalah dengan menggunakan suatu rumus atau cara untuk menyelesaikan masalah. Untuk mengetahui nilai dari vloume kubus, kita tahu bahwa rumus kubus adalah p.l.t  . Maka kita memasukkan rumus itu kedalam proses volume kubus. Ingat, didalam bahasa java, perkalian atau kali dapat dilambangkan dengan operator *(bintang).



C.      Output


Yang dimaksud output dalam program sebenarnya adalah output ini sih, cuman padil mau kasih tau aja kalo ada outputhasil yang merupakan hasil dari apa yang kita buat dalam IPO. Dalam gambar contoh diatas, yang ada didalam kotak merah merupakan koding output untuk menampilkan hasil dari proses. Kita bisa menggunakan System.out.println untuk menampilkan sebuah proses.


Nah guys, gambar diatas merupakan suatu hasil dari output. Karena kita mengoutputkan untuk mengetahui volume kubus, maka akan keluar volume kubus yang telah kita hitung dalam proses tadi.

Okeee... sekian dulu yang dapat Padil sampaikan, selamat bertemu di postingans selanjutnyaaa

0 komentar:

Posting Komentar