Senin, 10 September 2018

Macam - Macam Tipe Data dalam Coding

Assalamualaikum semuanya, halo :) Di postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang tipe data beserta jenisnya dalam bahasa java. Bagi kalian yang sudah mengenal bahasa pemrograman pasti kalian sudah mengerti sedikit tentang bahasa-bahasa atau kata apa saja yang dapat digunakan didalam java. Tapi buat kalian yang belum pernah mengetahui tentang bahasa pemrograman, saya akan mengulas sedikit tentangnya. So, simak terus yah :)




Dalam bahasa Java, Java memiliki 11 macam tipe data yang terdiri atas tipe data sederhana dan referensi / komposit. Tipe sederhana meliputi short, float, doublebyte, int, long, char dan boolean yang terbagi menjadi 3 tipe. Sedangkan tipe data referensi meliputi class,array dan interface.

A. Tipe Data Sederhana

1. Bilangan Bulat
    Tipe data yang masuk menjadi bagian ini adalah byte, short, int dan long. Semua tipe data ini bersifat  Signed, yaitu bisa mempresentasikan nilai positif dan negatif.

    a. Integer ( int )
        Tipe ini merupakantipe yang paling banyak dipakai dalam merepresentasikan angka dalam Java, dikarenakan dianggap paling efisien dibandingkan dengan tipe-tipe integer lainnya. Tipe Int banyak digunakan untuk indeks dalam struktur pengulangan maupun dalam konstruksi sebuah array. Selain itu, secara teori setiap ekspresi yang melibatkan tipe integer byte, short, int, long) semuanya akan dipromosikan ke int terlebih dahulu sebelum dilakukan proses perhitungan. Contoh pemakain  Integer dalam program Java :



   b. Long 
       Tipe ini digunakan untuk kasus-kasus tertentu yang nilainya berada di luar rentang tipe int, karna tipe ini punya range paling tinggi dibanding Integer lainnya. Dengan kata lain, tipe long terpaksa digunakan jika data memiliki range diluar range int. Contoh penggunaan Long dalam program Java :



     c. Short 
        Pada umumnya diaplikasikan pada komputer-komputer 16-bit, yang saat ini semakin jarang                       keberadaanya.  Contoh penggunaan Short dalam program Java :



   d. Byte
       Type byte umumnya digunakan pada saat kita bekerja dengan sebuah data stream dari suatu file maupun jaringan, yaitu untuk kepeluan proses membaca/menulis. Selain itu, tipe ini juga digunakan saat bekerja dengan data biner yang tidak kompatibel dengan tipe-tipe lain yang didefiniskan di dalam Java. Contoh penggunaan Byte dalam program Java :



2. Floating Point ( Bilangan Pecahan )
     Tipe floating-point digunakan untuk merepresentasikan nilai-nilai yang mengandung pecahan atau           angka decimal di belakang koma, seperti 3.1416,5.25, dan sebagainya. Bilangan semacam ini disebut         sebagai bilangan riil. Dalam Java tipe ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu float, dan double.
  
     a. Float
         Tipe ini digunakan untuk menandakan nilai–nilai yang mengandung presisi atau ketelitan tunggal (single-precision) yang menggunakan ruang penyimpanan 32-bit. Presisi tunggal biasanya lebih cepat untuk processor-processor tertentu dan memakan ruang penyimpanan setengah kali lebih sedikit dibandingkan presisi ganda (double precision). Permasalahan yang timbul dari pemakaian tipe float untuk nilai-nilai yang terlalu kecil atau justru terlalu besar, karena nilai yang dihasilkan akan menjadi tidak akurat. Contoh penggunaan Float dalam program Java :

   b. Double
       Tipe ini mengandung tingkat ketelitian ganda atau presisi ganda (double precision) dan menggunakan ruang penyimpanan 64-bit untuk menyimpan nilai. Tipe double tentu lebih cepat untuk melakukan perhitungan-perhitungan matematis daripad tipe float. Untuk perhitungan yang bersifat bilangan riil dan menghasilkan hasil yang lebih akurat, maka lebih baik menggunakan tipe double. Contoh penggunaan Double dalam program Java :


c. Char
     Tipe data char merupakan tipe untuk menyatakan sebuah karakter. Untuk karakter-karakter yang tidak dapat diketikkan secara langsung melalui keyboard, java menyediakan beberapa escape sequence (pasangan karakter yang dianggap sebagai karakter tunggal). Escape sequence tidak dianggap sebagai String, melainkan tetap sebagai tipe karakter khusus.


Sekian yang bisa aku bagi di postingan kali ini, makaish buat kalian semua yang setia mantengin postngan aku, bikin semangatku nambah buat bikin postingan terus. So, makasih buat kalian semua dan selamat bertemu dipostingan aku selanjutnya...
Jangan lupa komen yaa.. kalau kalian ada saran juga silahkan langsung komen dibawah muah :v

0 komentar:

Posting Komentar