Senin, 10 September 2018

Pembuatan File JCreator

Hallo guys, buat kalian yang mau belajar ngoding, disini tempatnya. postingan kali ini padil mau kasih rekomendasi apss buat kalian yang mau belajar,dan gimana caranya buat file di apps tersebut. Simak terus blog aku yaaa

Yak, kita langsung masuk topik pembahasan kita kali ini yaa. Padil mau kasi tau 2 rekomendasi aplikasi buat kalian yang mau belajar ngoding. Koding sendiri banyak ya bahasa pemrogramannya, nah kalo padil, selama ini padil masih menggunakan bahasa pemrograman Java. Yang mana bahasa Java itu mudah sekali untuk para pemula seperti kita ini yang mau belajar ngoding.

Waktu SMK, padil dikasi recomend apps yaitu aplikasi Java Netebans, apklikasinya sih enteng buat laptop or komputer kalian, lagian juga mudah untuk menggunakannya. Disamping itu kalau menggunakan Netbeans ini, kalian bisa lihat langsung hasil outputnya atau hasil jadinya gimana sih hasil dari koding yang kalian rancang dan buat itu. Tapi, untuk postingan-postingan padil kali ini padil ngga pake aplikasi Netbeans ya guys.

Nah, karena sekarang Padil uda masuk ke semester 2 perkuliahan, jadi sekarang padil pakai aplikas yang lebh rumit daripada Netbeans, yaitu JCreator. Sebenarnya ya nggak terlalu ribet sih, cuman kalo dibandingin sama si Netbeans mungkin ini agak membingungkan, karena di outputnya, kita hanya bisa liat hasil dari koding kita tanpa tahu ebntuknya nanti seperti apa.

Jadi padil mau kasih kalian semua tutorial tutorial koding menggunakan aplikasi Java JCreator ya guys, buat kalian yang belum punya aplikasinya, kalian bisa download di websitenya yaa. jangan lupa untuk download JDK nya juga ya, karena tanpa JDK hasil yang kita buat tidak akan bisa kita run output nya :)
Buat kalian yang udah punya aplikasinya, ayo langsung kita praktikan bagaimana cara membuat file didalam JCreator.

CARA MEMBUAT FILE DIDALAM JCREATOR
Disini padil pakai JCreator Pro 5.0 ya guys, ngga beda jauh kok dengan versi - versi lainnya.

1. BUAT FOLDER
    Pertama - tama, kita buat folder dulu didalam laptop kita, misal disini Padil kasih nama tempat Kerjaku. Kalau sudah, next step

2. BUKA APLIKASI JCREATOR



Nah guys, beginilah tampilan utama JCreator.

3. BUAT TEMPAT PENGERJAAN
    Nah, setelah ke open JCretaornya, maka kita akan buat suatu projek pengerjaan. Dalam projek pengerjaan, kita perlu wadah atau tempat untuk meletakkan koding yang akan kita buat ini. nah beginlah langkahnya.

a. Klik File - New - Blank Workspace
  Kalian bisa menemukan tombol file di bagian title bar dipojok kiri atas aplikasi kalian. setelah itu ikuti langkah di atas ya. Nah, setelah mengklik Blank Workspace, kalian akan disuruh memberi nama workspace kalian dna tempat penyimpanan file kalian. Nah, untuk penempatan WorkSpace nya kalian bisa pilih didalam folder yang telah kalian buat di awal tadi ya guys. Untuk penamaannya kalian bisa beri nama apapun, nah disini padil kasih nama kerjaku. Setelah itu kalian bisa klik finish.

b. Klik File - New - Project
   Kalian bisa temuin ini di tempat yang tadi, didalam title bar New, setelah itu jika kita tadi klik workspace, maka sekarang kita klik project karena kita akan membuat projek. Setelah klik projek kalian bisa pilh Empty Project - Next. Kalian bisa isi nama projek kalan sesuka hati, disini saya memberikan nama Kerjaku pada projek saya. Untuk penyimpanan file kalian bisa masukka ke dalam folder yang tadi. Lalu klik next and finish.

c. Klik File - New - File
   Setelah kalian membuat new workspace dan new project, ini adalah langkah terakhir untuk membuat wadah pengerjaan, yaitu new file. Setelah kalian klik new file, kalian bisa klik Empty Java File - Next. Lalu kalian bisa memberinya nama dan seperti biasa, file diletakkan dalam folder yang tadi. Disini saya memberi nama kerjaku1. Ingat ya, untuk pemberian nama file tidak boleh ada spasi. Setelah itu klik finish.

Nah, sudah selesai deh. Sekarang kita sudah punya tempat perngerjaan untuk koding kita. Untuk tutorial selanjutnya kalian bisa ikuti terus blog saya, untuk saat ini cukup sekian dan selamat mencoba... :) Jangan lupa untuk save yah ;)

0 komentar:

Posting Komentar