Jumat, 14 September 2018

Penjumlahan Matriks dengan Array

Hasil gambar untuk matriks
Haloo.. setelah kemarin aku kasih materi array sederhana klik disini sekarang aku mau kasih tau gimana cara membuat matriks menggunakan array. Kalian pasti tau kan matriks itu apa. Nah, aku akan kasih contoh membuat program untuk membentuk matriks.

Ada 2 tipe matriks nih yang akan aku bahas, yaitu matrik 2 baris 2 kolom dan matriks 3 baris dan 2 kolom. Untuk yang lainnya kalian kembangin sendiri ya.. mudah kok hanya tinggal mengganti angka saja danmenmbah array nya..

Mari kita lihat, gimana sih matriks menggunakan array itu.

Pertama, aku akan kasih contoh koding untuk matriks 2 baris 2 kolom :


Aku akan jelasin tentang koding diatas ya..nah, diatas kan ada tulisan new int[2][2]; itu fungsinya adalah sebagai pembentuk matriks itu sendiri, karena [2][2] maka matriks akan terbentuk dari 2 baris dan 2 kolom. Pembacaan matriks baris kolom, bukan kolom baris, jadi angkan yang didepan adalah angka baris sedangkan yang belakang angka kolom.

Karena array diambil dari angka 0, maka angka di dalam kurung dikurangi satu dan dimurai dari 0. Misal seharusnya [1][1] karena dimulai dari 0 maka [0][0].

Dan beginilah penampakan hasilnya :


Dan aku akan kasih contoh untuk matriks 2 kolom dan 3 baris :


Dan ini hasilnya :



Selamat mencoba semuanya.. dan sampai bertemu di postingan aku selanjutnya. J

0 komentar:

Posting Komentar